HEADLINE

Lapor Pak! Keluarga Saya Positif Covid-19

  Bulan baru saja berganti, Juni ke Juli. Tak ada lagi hujan. Pukul 08.00 WIB, 1 Juli 2021, Bapak mertua saya yang tinggal satu atap dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan swab test. Istri saya yang menemani swab test pun hasilnya sama: garis dua, positif. Di rumah kami, ada tujuh orang yang hidup berdampingan. Ibu, Bapak, saya, istri, dan tiga anak; dua laki-laki, satu perempuan. Masing-masing berusia 9 tahun, 2,5 tahun, dan 1 tahun. Ada satu anggota lagi, ART yang menjaga anak saya tetapi tidak tinggal satu rumah melainkan pulang pergi, Mba L namanya. Setelah Bapak dan istri dinyatakan positif, saya mengajak Ibu dan anak pertama serta anak kedua untuk swab test. Ini kali kedua anak-anak saya swab test, di tempat yang sama. Anak kedua saya, perempuan, sempat takut, tapi saya bujuk karena yang mau di-swab test adalah Aang-nya. "Kan mau jadi dokter, Nok," kata saya membujuk. "Jadi harus ketemu dokter dulu, biar Nok belajar jadi dokt

Kang Mas

Pengen punya kakak perempuan, punya kakak laki, gw cuman jadi korban smekdon. Curhatan netizen di twitter bikin saya ketawa.

Punya abang emang gak enak, tapi lebih banyak enaknya. Menurut saya. Sebagai anak bungsu paling gak enak itu emang punya abang yang seenak udelnye nyuruh-nyuruh.
.
Contohnya saat KangMas saya disuruh ibu beli bumbu masak ke warung, eh dia malah nyuruh lagi.
.
"Kalo gak mau, gak gw ajak maen!" ancamnya.

Saya emang gak punya punya teman sebaya sewaktu belom sekolah. Kebanyakan anak-anak di lingkungan rumah saya usianya sepantaran KangMas. Nah karena blm punya temen maen yg sepantaran, saya jadinya ngintilin mulu KangMas maen sama temen-temennya. Maen sepeda, maen gundu, sampe maen layangan. Ya risihlah dia dikintilin adeknya mulu. Apalagi dia pernah dikatain temen-temennya: "Lu maen bawa adek mulu".
.
Namun the power of bontot boy, saya selalu ngadu ke bapak jeung ibu kalo gak diajak maen sama KangMas. Tapi emang dasar otak bisnisnya dari kecil udah berguna, KangMas manfaatin kesempatan itu untuk meres saya.
.
Saya kudu setor Rp 300 dari Rp 500 uang jajan yang saya dapat dari Ibu setiap hari sebagai syarat ngintilin dia maen. Jadinya KangMas yg saban hari dapet jajan Rp 500, nanggok untung. Uang jajannya jadi Rp 800, dan saya cuman jajan Rp 200.

Nah, untungnya saya punya dua kakak perempuan yang baiknya gak ketulungan. Jadi meski harus nyetor upeti Rp 300 ke KangMas, saya dapat uang kasih sayang dari dua Mbayu saya. Mbayu kedua saya malah ngasih Rp 100 untuk setiap kali dia nyuruh saya shalat. "Abis dah duit jajan Mba," katanya. Ini definisi sesungguhnya shalat mengharapkan imbalan.
.
"Ibu itu nemu elu di rumah sakit. Karena kasian dibawa pulang," kata KangMas suatu ketika nakut-nakutin. Begonya saya percaya aja lagi sambil nangis. Padahal saya yang paling mirip wajahnya sama Bapak. Gak mungkin pan anak pungut mirip.
.
"Siniin duit lu. Kalo gak, gak usah ikut gw maen sepeda".
.
"Gak mau. Gw udah punya temen maen sendiri," kata saya ketika udah masuk SD dan dapat teman sepermainan yang berbeda RT.

Comments

YOUTUBE