HEADLINE

Lapor Pak! Keluarga Saya Positif Covid-19

  Bulan baru saja berganti, Juni ke Juli. Tak ada lagi hujan. Pukul 08.00 WIB, 1 Juli 2021, Bapak mertua saya yang tinggal satu atap dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan swab test. Istri saya yang menemani swab test pun hasilnya sama: garis dua, positif. Di rumah kami, ada tujuh orang yang hidup berdampingan. Ibu, Bapak, saya, istri, dan tiga anak; dua laki-laki, satu perempuan. Masing-masing berusia 9 tahun, 2,5 tahun, dan 1 tahun. Ada satu anggota lagi, ART yang menjaga anak saya tetapi tidak tinggal satu rumah melainkan pulang pergi, Mba L namanya. Setelah Bapak dan istri dinyatakan positif, saya mengajak Ibu dan anak pertama serta anak kedua untuk swab test. Ini kali kedua anak-anak saya swab test, di tempat yang sama. Anak kedua saya, perempuan, sempat takut, tapi saya bujuk karena yang mau di-swab test adalah Aang-nya. "Kan mau jadi dokter, Nok," kata saya membujuk. "Jadi harus ketemu dokter dulu, biar Nok belajar jadi dokt

Bucin

Kata orang, percuma nasehatin sama orang yang sedang jatuh cinta. Kayak ngomong ama tembok. Didenger enggak, pegel ati iya.

Mungkin tak ada yang lebih sabar dari orang yang sedang kasmaran. Rela jadi berbeda demi rasa yang katanya cinta. Rela nonton drama korea demi dapat bahan obrolan sama gacoan. Rela ngapalin nama-nama pemain bola demi demenan. Rela begadang hanya demi nelponan atau chatthingan. Yang bahaya chattingannya berdua, jatuh cintanya sendirian. Ini biasanya banyak terjadi di negara +62. Ingat yang dibalas itu hanya pesanmu, bukan perasaanmu.
.
Di level lain, ada yang rela bangun pagi demi nganterin doinya sekolah, kuliah, atau masuk kerja. Abis Subuhan yang biasanya molor lagi, pas lagi jatuh cinta langsung mandi. Segalanya dipake, bebedak, pake minyak rambut, minyak wangi, minyak rem, pokoknya segalanya ditemplokin. Dateng ke rumah gebetan, naek motor atau mobil sembari ngomong; "Aku gak telat kan jemputnya".
.
Kasta tertinggi dari bucin saat orang yang lagi jatuh cinta adalah semua yang biasa mereka lakuin berantakan. Karena ya itu, apa-apa diatur, apa-apa izin dulu, apa-apa dia. Pelajaran di sekolah biasanya jadi terbengkalai, nilai semesteran kampus ancur, kerjaan di kantor kebobolan. Biasanya kalo udah begini bakalan marahan dan saling salah-salahan. "Kamu egois".
.
"Kamu terlalu baik untuk aku. Kita temenan aja. Kalo kita jodoh pasti kita bersama lagi".
.
Kalo udah di tahap ini, biasanya mau ngapa-ngapain gak enak. Tidur gelisah, kerja selalu resah, minum tak nikmat, makan tak enak. Sekalinya makan di warung pecel lele, mesen pecel ayam dan ati ampela si pedagang jawabnya ngeselin. "Maaf mas, hatinya udah milik orang lain".
.
Halah blegedes lu, Ta. Emang lu gak pernah jadi bucin?
.
Bentar gw inget-inget dulu. Selain pernah nelpon pake Esia sampe satu jam bahkan pernah tiga jam, level tertinggi gw jadi bucin itu adalah pas bilang; "Kalau kamu gak makan, aku gak makan nih".

Comments

YOUTUBE